SBY Pamer Pidato English Gado-gado

Ucapkan 24 Frase Asing di BEI

SBY Pamer Pidato English Gado-gado
SBY Pamer Pidato English Gado-gado
JAKARTA - Berpidato dengan bumbu bahasa Inggris yang berlebih, sudah menjadi kebiasaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Namun, pidato setelah membuka perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) kemarin bisa digolongkan yang paling meriah "English gado-gadonya".

Dalam tiga puluh menit pertama saja, atau sebelum dimulainya dialog dengan para investor, SBY menggunakan setidaknya 24 frasa berbahasa Inggris. Itu artinya, hampir tiap satu menit, SBY mencampuri pidatonya dengan bahasa Inggris.

Seperti biasa pula, SBY tak hanya menggunakan istilah bahasa Inggris sebagai "campuran" dalam kalimat. Bahasa Inggris justru digunakan presiden sebagai "penjelas" istilah Indonesia. Kalimat di awal-awal pidato ini misalnya. "Dalam melakukan evaluasi, kita harus merujuk pada parameter dan ukuran yang jelas. Correct measurement," kata SBY.

"Pemulihan ekonomi untuk menjaga kesejahteraan rakyat, atau dengan bahasa bebas saya katakan, minimizing the impact of the global economic crisis," ucap SBY yang ketika menjadi Menkopolkam pada 2003 pernah mendapat penghargaan sebagai pejabat negara berbahasa lisan Indonesia terbaik itu.

JAKARTA - Berpidato dengan bumbu bahasa Inggris yang berlebih, sudah menjadi kebiasaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Namun, pidato setelah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News