Kerek Transaksi, BEI Tambah Jam Buka

Kerek Transaksi, BEI Tambah Jam Buka
Kerek Transaksi, BEI Tambah Jam Buka
JAKARTA - Jam perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) bakal diperpanjang. Selain karena durasi yang lebih singkat dibandingkan bursa regional, penambahan itu dilakukan sebagai upaya meningkatkan nilai transaksi.

Direktur Utama BEI Ito Warsito mengatakan, pihaknya saat ini sedang memantapkan konsep penambahan jam "buka toko" tersebut dan diharapkan terealisasi dalam waktu dekat ini. "Ada empat hal yang sedang kita persiapkan. Yakni sistem dan teknologi, sumber daya manusia, peraturan, serta anggota bursa. Itu semua bisa paralel," ujarnya saat pembukaan perdagangan di BEI kemarin.

Ito meyakini, penambahan jam buka akan berdampak pada peningkatan transaksi per hari. Meski begitu, dia belum bisa menyebut apakah jam bukanya dimajukan atau ditutup lebih lama. Saat ini, perdagangan di BEI dibuka pukul 09.30 dan berakhir 16.00. Perdagangan harian terbagi dua. Sesi pertama berakhir jam 12.00 dan dilanjutkan lagi sesi kedua mulai 13.30. Khusus Jumat, sesi pertama diakhiri 11.30 dan dimulai lagi 14.00.

Secara efektif, kata Ito, rata-rata transaksi harian di BEI berlangsung 5 jam. Durasi itu lebih singkat dibandingkan rata-rata bursa di regional yang 6 jam. Besar kemungkinan BEI akan mulai lebih awal, yaitu pukul 09.00, agar bersamaan dengan bursa regional. "Sekarang kan kita ketinggalan (jam buka) dari Singapura, Hongkong, dan Malaysia. Sebaiknya bersamaan," terangnya.

JAKARTA - Jam perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) bakal diperpanjang. Selain karena durasi yang lebih singkat dibandingkan bursa regional,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News