Kemenakertrans Beri Bantuan Wirausaha Koperasi TKI Purna

Kemenakertrans Beri Bantuan Wirausaha Koperasi TKI Purna
Kemenakertrans Beri Bantuan Wirausaha Koperasi TKI Purna
JAKARTA - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) melakukan pengembangan pelatihan kewirausahaan di 38 kabupaten/kota kantong TKI utama, dari 159 kabupaten/kota pengirim TKI di seluruh Indonesia. Hal ini disebutkan dilakukan sebagai upaya mengurangi pengiriman TKI sektor informal ke luar negeri.

"Pemerintah fokus pada upaya pemberdayaan ekonomi TKI dengan menggulirkan program pelatihan kewirausahaan, (yang) ditujukan bagi calon TKI, TKI Purna, dan keluarga TKI yang berada di daerah-daerah pengirim TKI," terang Menakertrans Muhaimin Iskandar di Jakarta, Jumat (14/).

Untuk tahap awal, Muhaimin menjelaskan, pihaknya juga telah memberikan bantuan Subsidi Program sebesar Rp 40 juta kepada Koperasi TKI Purna Jaya Makmur, di Malang, Jawa Timur. Dalam pelaksanaan subsidi program pelatihan kewirausahaan bagi TKI Purna yang tinggal di wilayah tersebut, pihak Kemenakertrans bekerjasama dengan Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) yang akan melakukan proses pendampingan langsung.

Dijelaskan, dalam pemberdayaan ekonomi calon TKI, TKI Purna dan keluarga TKI menjadi salah satu prioritas pemerintah saat ini. Sehingga nantinya mereka diharapkan tidak berniat lagi bekerja ke luar negeri, karena telah menemukan lapangan pekerjaan yang baru yaitu melakukan wirausaha mandiri.

JAKARTA - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) melakukan pengembangan pelatihan kewirausahaan di 38 kabupaten/kota kantong

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News