Kisah Bona dan Lagu 'Andai Aku Gayus Tambunan' yang Makin Terkenal

Untuk Klip Video, Paling Susah Cari Wig di Salon-Salon

Kisah Bona dan Lagu 'Andai Aku Gayus Tambunan' yang Makin Terkenal
Foto: Dok.JPNN

jpnn.com, GORONTALO - Lagu Andai Aku Gayus Tambunan yang dirilis melalui YouTube kian menarik perhatian masyarakat. Lagu itu diciptakan Bona Paputungan yang kebetulan eks narapidana dan wajahnya juga mirip Gayus jika mengenakan wig. Inilah cerita tentang Bona.

======================
 JIRO PAPUTUNGAN, Gorontalo
======================

ANDAI ku Gayus Tambunan....
Yang bisa pergi ke Bali....
Semua keinginannya... pasti bisa terpenuhi....
Lucunya di negeri ini....
Hukuman bisa dibeli....
Kita orang yang lemah... pasrah akan keadaan
 
Refrain di atas adalah cuplikan lirik lagu Andai Aku Gayus Tambunan yang diciptakan Bona Paputungan. Nama pria 32 tahun itu belakangan menjadi bahan perbincangan publik. Itu terjadi setelah lagunya tersebut dirilis di YouTube.

Hingga tadi malam, dari data total views, klip video lagu itu sudah diklik atau diunduh lebih dari 80 ribu kali, dengan sebagian besar komentar memuji.

Sehari-harinya Bona tinggal di Kota Gorontalo. Dia adalah mantan narapidana di Lapas Kelas II A Kota Gorontalo. Bona harus meringkuk di penjara karena kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Pengadilan negeri setempat memvonis Bona tujuh bulan penjara untuk kasus tersebut. "Saya masuk (penjara) sejak 11 Maret (2010)  dan keluar Oktober (2010)," cerita Bona saat berbincang dengan Gorontalo Post (Grup JPNN).

Ditambahkan, selama di penjara dia merasakan betapa sulitnya hidup serba dikekang. Semua serba diatur dan gerak-gerik pun selalu diawasi. "Kami bangun jam setengah lima pagi, lalu salat Subuh. Setelah itu, apel pagi. Semuanya diatur. Pokoknya sangat sulit," katanya.

Menurut Bona, napi kelas teri seperti dirinya sering dianaktirikan. Bertemu dengan keluarga saja harus mengikuti waktu besuk. Selain itu, tidak boleh. Apa lagi sampai keluar lapas dan menghirup udara bebas.

Tetapi, sudah menjadi rahasia umum, yang namanya pejabat, koruptor, dan orang berduit yang masuk penjara akan mendapatkan perlakuan khusus. "Seperti Gayus. Teman-teman saya di lapas bilang, coba kalau kita seperti Gayus, pasti kosong ini penjara karena kita bisa jalan-jalan ke mana saja," ujar Bona. Dari situlah, muncul ide menciptakan lagu.

Lagu Andai Aku Gayus Tambunan yang dirilis melalui YouTube kian menarik perhatian masyarakat. Lagu itu diciptakan Bona Paputungan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News