Minat Mahasiswa Berwirausaha Masih Rendah

Minat Mahasiswa Berwirausaha Masih Rendah
Minat Mahasiswa Berwirausaha Masih Rendah
JOGJA -Tidak banyak mahasiswa yang berminat menjadi pengusaha atau wirausahawan. Keterbatasan tersebut dipengaruhi berbagai hal. Karenanya, mahasiswa perlu diberi bekal dan pencerahan. Sehingga saat lulus dari perguruan tinggi nanti dia berkeinginan menjadi seorang pengusaha.

Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM Dr Sahid S Nugroho MSc mengatakan, salah satu upaya mendukung mahasiswa berminat menjadi pengusaha adalah menyediakan fasilitas bisnis start up sebagai modal awal bagi mahasiswa.  “Bentuknya bisa berupa infrastruktur seperti pembiayaan, bisnis centre, online store untuk promosi, hingga koneksi bisnis secara riil,” kata Sahid saat Workshop Metode Pembelajaran Inovatif Kewirausahaan di Jogjakarta Plaza Hotel, seperti dikutip Radar Jogja (grup JPNN), kemarin.

Sahid meneruskan, motivasi mahasiswa terhambat dengan perasaan ketidakpastian karir menjadi pengusaha. Ketidakpastian karir ini bisa disiasati dengan mengenalkan para mahasiswa secara langsung kepada pengusaha yang sukses atau pengusaha kelas UKM.

“Lewat cara tersebut, mahasiswa bisa bergaul dan belajar langsung bagaimana menjalankan sebuah bisnis kepada pelaku UKM atau pengusaha sukses. Istilahnya, mahasiswa bisa memperdalam ilmu dengan ‘nyantrik’ kepada pengusaha secara langsung,” paparnya.

JOGJA -Tidak banyak mahasiswa yang berminat menjadi pengusaha atau wirausahawan. Keterbatasan tersebut dipengaruhi berbagai hal. Karenanya, mahasiswa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News