Kerugian Akibat Merapi Capai Rp 7 Triliun

Kerugian Akibat Merapi Capai Rp 7 Triliun
Kerugian Akibat Merapi Capai Rp 7 Triliun
JAKARTA - Pemerintah menuntaskan penghitungan akhir total kerugian terkait letusan Gunung Merapi. Kemenko Kesra memperkirakan kerugian letusan Merapi telah mencapai angka Rp 7 triliun. Kerugian itu meliputi kerusakan infrastruktur, rumah-rumah penduduk yang hancur, hingga terganggunya kegiatan ekonomi penduduk.

"Termasuk terganggunya perekonomian dan berkurangnya pendapatan daerah akibat tamu-tamu hotel yang menurun," kata Menko Kesra Agung Laksono di Jakarta tadi malam. Agung baru saja meninjau langsung lokasi bencana Merapi dan banjir lahar dingin di permukiman sepanjang jalur arteri Jogja-Magelang.

Mantan Ketua DPR RI itu mengatakan, dampak kerugian itu dirasakan hampir oleh seluruh warga di wilayah Jateng dan Jogja. Naun, tidak semua kerugian itu akan dibebankan kepada pemerintah di dua provinsi itu. Sampai saat ini pemerintah masih akan fokus melakukan perbaikan dan optimalisasi sarana dan prasarana umum, sehingga jalan-jalan tidak lagi terputus dan aktivitas masyarakat kembali normal.

Agung mengatakan, sungai-sungai yang dialiri aliran lahar dingin akan kembali dikeruk dan difungsikan lagi untuk mengantisipasi agar jika kejadian serupa tidak merugikan penduduk. "Supaya sisa lahar dingin yang berpotensi turun tidak lagi menerjang rumah penduduk dan bisa mengalir di aliran sungai," kata dia.

JAKARTA - Pemerintah menuntaskan penghitungan akhir total kerugian terkait letusan Gunung Merapi. Kemenko Kesra memperkirakan kerugian letusan Merapi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News