Darmin Ingin Gaji Pegawai BI Naik 7 Persen

Darmin Ingin Gaji Pegawai BI Naik 7 Persen
Darmin Ingin Gaji Pegawai BI Naik 7 Persen
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mengusulkan kenaikan gaji pegawai, termasuk dewan gubernur, sebesar 7 persen tahun ini. Kenaikan diharapkan bisa menjaga motivasi dan kinerja pegawai bank sentral. Persentase kenaikan didasarkan pada tren inflasi dalam tiga tahun terakhir. Untuk pegawai dengan kinerja yang sangat baik, kenaikan gaji masih ditambah lagi 2,5 persen.

"Jadi penyesuaian berkala gaji pegawai mengacu pada inflasi tiga tahun terakhir untuk menjaga daya beli," kata Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR di Gedung DPR, Jakarta, Senin (24/1).

Selain kenaikan reguler, juga dianggarkan kenaikan gaji untuk pegawai promosi sebanyak 651 orang. Juga dianggarkan biaya gaji untuk pegawai baru 637 orang. Di 2011 ini, kata Darmin, bank sentral secara prinsip tidak mengubah sistem penggajian pegawainya.

Wakil Ketua Komisi XI DPR Harry Azhar Azis mengatakan, berdasarkan data 2006, gaji Gubernur BI mencapai Rp 265 juta per bulan. Gaji tersebut rata-rata juga akan naik tiap tahun, menyesuaikan dengan tingkat inflasi. "Gaji Gubernur BI itu data terakhirnya Rp 265 juta per bulan, di 2006. Gaji itu lebih tinggi dari gaji presiden yang Rp 62 juta," ujar Harry.

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mengusulkan kenaikan gaji pegawai, termasuk dewan gubernur, sebesar 7 persen tahun ini. Kenaikan diharapkan bisa menjaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News