Antisipasi Pengulangan Soal

Antisipasi Pengulangan Soal
Antisipasi Pengulangan Soal
JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) menetapkan, soal Ujian Nasional (UNAS) menjadi pertimbangan dan masukan penetapan kelulusan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Kemendiknas memastikan, tidak akan terjadi pengulangan dalam butir-butir soal tersebut.

Wakil Mendiknas Fasli Jalal usai membuka dialog perubahan iklim di Jakarta kemarin (7/2) mengatakan, pembuatan butir-butir soal Unas 2011 sudah mulai dijalankan. Selama proses penyusunan, Fasli menjelaskan panitia Unas sudah menjalankan standar penyusunan soal. "Secara materi bisa menjadi acuan SNMPTN. Tetapi dari bentuk soalnya tidak boleh sama," kata Fasli.

Selama ini, tidak ada keberlanjutan antara pelaksanaan Unas dengan SNMPTN. Padahal, hasil dari evaluasi Kemendiknas, antara dua ujian tersebut harus bisa menjadi penghubung antara tingkat pendidikan menengah dengan pendidikan tinggi. Harapannya, melalui Unas bisa dipetakan kemampuan siswa yang akan masuk di perguruan tinggi. Upaya ini bisa menekan tenaga menyeleksi lebih mendalam dalam pelaksanaan SNMPTN.

Perkembangan lain dalam pelaksanaan Unas adalah, nilai Unas tahun ini dijadikan acuan penerimaan mahasiswa yang masuk PTN melalui SNMPTN jalur undangan. Fasli menjelaskan, selain nilai rapor mulai dari kelas X hingga kelas XII (SMA), akan diakumulasikan dengan nilai Unas yang didapatkan siswa. "Sehingga nilai unas juga bisa membantu siswa untuk masuk PTN," kata dia.

JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) menetapkan, soal Ujian Nasional (UNAS) menjadi pertimbangan dan masukan penetapan kelulusan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News