KNKT Kantongi Rekomendasi Awal

KNKT Kantongi Rekomendasi Awal
KNKT Kantongi Rekomendasi Awal
JAKARTA - Setelah bekerja sepekan lebih, tim Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah menyelesaikan laporan awal terbakarnya Kapal Motor Penumpang (KMP) Laut Teduh II di Kepulauan Tempurung. Laporan awal tersebut, berujung pada keluarnya rekomendasi keselamatan penumpang. KNKT masih pesimis rekomendasi tersebut berjalan optimal.

  

Kepala Sub-Komite Penelitian Kecelakaan Transportasi Laut KNKT Hermanu di Jakarta, Selasa (8/2) menjelaskan, aspek keselamatan penumpang menjadi aspek utama dalam rekomendasi tersebut. KNKT berharap, rekomendasi yang akan diteruskan ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bisa dijalankan dengan baik.

  

Sayangnya, dalam kasus-kasus yang sudah terjadi, setiap kali KNKT mengeluarkan rekomendasi semuanya tidak berjalan efektif. "Sehingga kecelakaan transportasi massal kembali terjadi lagi. Dan memakan korban," ujar Hermanu.

Jika dirinci lagi, aspek keselamatan penumpang ini menyangkut sistem pengawasan dan teknis operasional pelayaran. Menurut Hermanu, rekomendasi dari KNKT bukan untuk menjadi dasar mencari siapa yang salah. Tetapi menjadi acuan bagi pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan baru. Selain itu, rekomendasi juga ditujukan untuk operator pelayaran. "Masyarakat secara luas juga menjadi sasaran rekomendasi kami," kata dia.

JAKARTA - Setelah bekerja sepekan lebih, tim Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah menyelesaikan laporan awal terbakarnya Kapal Motor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News