Retina Palsu Buka Mata

Retina Palsu Buka Mata
Retina Palsu Buka Mata
COVENTRY - Selama satu tahun terakhir, Eric Selby seperti menjalani kehidupan kedua. Betapa tidak, lelaki 68 tahun yang buta sejak 20 tahun lalu tersebut bisa melihat lagi. Itu terjadi setelah dia menjalani operasi implan retina palsu di mata kanannya. Kini dia bisa berjalan tanpa bantuan tongkat atau anjing.

 

"Pada dasarnya, melihat adalah menerjemahkan berkas-berkas cahaya yang diterima mata Anda ke otak. Tapi, kini semua itu adalah proses yang luar biasa bagi saya. Saya bersyukur bisa melihat lagi," kata Selby seperti dilansir Associated Press, Senin (14/2).

 

Keajaiban tersebut bermula saat pensiunan yang tinggal di Kota Coventry, West Midlands, Inggris, itu menjalani implan retina palsu Argus II. Retina palsu buatan perusahaan Second Sight tersebut ditanamkan di bola mata Selby dan sekitar 40 orang lainnya melalui operasi sejak 2006.

 

Sejauh ini Argus II bisa berfungsi maksimal. Untuk memaksimalkan fungsinya, Argus II dilengkapi sebuah kamera video kecil dan transmiter dalam kacamata. Selain itu, produsen melengkapi alat bantu lihat tersebut dengan sebuah komputer nirkabel berukuran mini. Di Inggris, Argus II dipatok dengan harga USD 100.000 atau sekitar Rp 891,5 juta. (hep/c9/dos)

COVENTRY - Selama satu tahun terakhir, Eric Selby seperti menjalani kehidupan kedua. Betapa tidak, lelaki 68 tahun yang buta sejak 20 tahun lalu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News