Banyak Daerah Tak Masukkan Hasil Tes CPNS ke BKN

Banyak Daerah Tak Masukkan Hasil Tes CPNS ke BKN
Banyak Daerah Tak Masukkan Hasil Tes CPNS ke BKN
JAKARTA - Permintaan pemerintah (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) agar panitia seleksi CPNS memasukkan salinan hasil ujian ke Badan Kepegawaian Negara (BKN), rupanya tidak diindahkan oleh semua daerah. Sebab nyatanya, masih ada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) yang tidak memasukkan salinannya.

"Kami baru tahu kalau BKD tidak memasukkan, setelah ada laporan kecurangan CPNS di 40 daerah. Di mana dari 40 daerah tersebut, ada tiga kabupaten yang tidak memasukkan salinan hasil ujiannya ke BKN," tutur Deputi SDM bidang Aparatur Kementerian PAN & RB, Ramli Naibaho, di kantornya, baru-baru ini.

Sebelumnya, Ramli mengatakan bahwa salinan hasil tes CPNS itu (diperlukan) untuk mempermudah BKN dalam menilai apakah kelulusan yang diumumkan BKD murni atau tidak. Sebab katanya, pemda bisa saja mengubah-ubah rangking CPNS, tapi BKN berhak membatalkannya bila ternyata ada masalah.

"Inilah kelemahan sistem kita. Apalagi dengan era otda. Daerah seolah berpikir itu urusannya, bukan pusat. Nanti kalau ada masalah, baru pusat dilibatkan," tukasnya pula.

JAKARTA - Permintaan pemerintah (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) agar panitia seleksi CPNS memasukkan salinan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News