KY Awasi Mekanisme Penggantian Arsyad

Hakim MK Anyar Minimal Doktor

KY Awasi Mekanisme Penggantian Arsyad
KY Awasi Mekanisme Penggantian Arsyad
JAKARTA - Mahkamah Agung (MA) segera menyiapkan pengganti hakim konstitusi Arsyad Sanusi yang segera lengser dari Mahkamah Konstitusi (MK). Komisi Yudisial (KY) bakal mengawasi mekanisme pergantian hakim konstitusi dari unsur MA tersebut.

 

"Ini untuk akuntabilitas kepada publik. Kami akan layangkan surat ke MA agar diberi ruang untuk memantau," kata Ketua Bidang Pengawasan Hakim dan Investigasi KY Suparman Marzuki saat dihubungi, Sabtu (26/2). Dia mengakui, KY memang tidak berwenang. Namun, itu bukan menjadi penghalang bagi KY demi hakim MK yang berintegritas.

 

Pengawasan tersebut, kata Suparman, sangat penting. Sebab, jangan sampai hakim MK anyar mengulangi kecerobohan serupa yang dilakukan Arsyad. Yakni membiarkan putrinya, Neshawaty, bertemu pihak berperkara.

Akibatnya, majelis kehormatan hakim (MKH) merekomendasikan Ketua MK Mahfud M.D. untuk menegur Arsyad. Namun, hakim kelahiran Bone, Sulawesi Selatan itu memilih akan mengajukan pensiun dini kendati dia memang bakal pensiun pada 14 April nanti.

JAKARTA - Mahkamah Agung (MA) segera menyiapkan pengganti hakim konstitusi Arsyad Sanusi yang segera lengser dari Mahkamah Konstitusi (MK). Komisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News