Plafon Harga Rumah Bebas PPN Rp 70 Juta

Plafon Harga Rumah Bebas PPN Rp 70 Juta
Plafon Harga Rumah Bebas PPN Rp 70 Juta
JAKARTA - Pemerintah menaikkan ambang batas harga jual rumah sederhana dan sangat sederhana yang mendapatkan pembebasan PPN (pajak pertambahan nilai) dari semula Rp 55 juta menjadi Rp 70 juta. Kebijakan tersebut diharapkan bisa memperluas kesempatan bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk memiliki rumah.

Menkeu Agus Martowardojo mengungkapkan hal tersebut di kantornya, Senin (28/2). "Jadi sekarang (maksimal harga) Rp 70 juta yang kita bebaskan," kata Agus.

Menkeu kemarin merilis Paket Kebijakan Februari, yang terdiri atas enam kebijakan fiskal guna menopang sektor riil. Wakil Menteri Keuangan Anny Ratnawaty mengatakan, kebijakan tersebut belum tentu menggerus potensi penerimaan negara. Ia mengatakan, meskipun mungkin akan terjadi penurunan penerimaan PPN karena peningkatan ambang batas harga, namun bisa dikompensasi dengan penerimaan lainnya.

Anny mengatakan, dengan makin banyak akses kepemilikan perumahan, akan semakin banyak properti yang dipasarkan. Ia mengatakan, selama ini, permintaan rumah masih cukup besar. Sehingga, harus diikuti oleh suplai yang cukup. "Jadi ini insentir suplai karena demand yang tinggi," kata Anny.

JAKARTA - Pemerintah menaikkan ambang batas harga jual rumah sederhana dan sangat sederhana yang mendapatkan pembebasan PPN (pajak pertambahan nilai)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News