2012, BOS Naik Disesuaikan Kemahalan di Daerah

2012, BOS Naik Disesuaikan Kemahalan di Daerah
2012, BOS Naik Disesuaikan Kemahalan di Daerah
JAKARTA--Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) akan menaikkan satuan nilai Bantuan Operasional Sekolah (BOS)  pada tahun 2012 mendatang. Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh mengatakan, kenaikan besaran satuan nilai BOS tersebut untuk disesuaikan dengan indeks kemahalan barang di masing-masing daerah.

"Untuk struktur anggarannya sendiri, juga akan diubah tahun depan. Sehingga, unit costnya akan mampu membiayai seluruh dana operasional sekolah yang saat ini hanya mampu meng-cover 70 persen saja," ungkap Nuh di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Kamis (3/3).

Nuh menjelaskan, kenaikan satuan nilai  BOS ini juga turut disebabkan karena anggaran pendidikan yang setiap tahun mengalami trend kenaikan, terlebih diketahui bahwa  anggaran pendidikan akan naik Rp 40 triliun. Prediksi kenaikan anggaran pendidikan tersebut diperoleh berdasarkan penghitungan kenaikan anggaran sejak tahun 2005 yang mencapai Rp 78 triliun. Sementara, lanjut Nuh, di tahun ini Rp 148 triliun sedangkan untuk 2012 dimungkinkan akan mencapai lebih dari Rp 290 triliun. “Maka dari itu, kami akan mendiskusikan hal ini dengan Komisi X DPR RI khususnya untuk mengefektifkan  anggaran yang setiap tahunnya selalu meningkat ini,” paparnya.

Terpisah, Plt Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar (Dikdas) Kemendiknas, Suyanto turut membenarkan adanya rencana kenaikan satuan nilai BOS di tahun 2012. Akan tetapi, menurutnya  perbedaan unit cost masih sedang dibahas. "Rencana ini masih dibahas. Kami juga harus membicarakan hal ini dengan DPR," imbuhnya.

JAKARTA--Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) akan menaikkan satuan nilai Bantuan Operasional Sekolah (BOS)  pada tahun 2012 mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News