Serangan Pro-Kadhafi Sasar Warga Sipil

Serangan Pro-Kadhafi Sasar Warga Sipil
Foto: Getty Images
TRIPOLI – Terus jatuhnya korban jiwa dalam perang saudara di Libya menuai keprihatinan banyak kalangan. Pemberontakan terhadap rezim Muammar Kadhafi tak hanya menewaskan ribuan warga Libya. Ratusan ribu warga juga terpaksa harus mengungsi. Krisis kemanusiaan pun mengancam negeri di utara Benua Afrika tersebut.

 

Sejumlah kalangan mendesak segera dilakukan aksi militer oleh negara-negara Barat jika konflik dan perang saudara di Libya berlarut-larut. Desakan itu, antara lain, diusulkan tokoh pembangkang di era komunis dan mantan Presiden Ceko Vaclav Havel kemarin (7/3).

Ketika diwawancarai koran bisnis Hospodarske Noviny di Praha, Ceko, kemarin,  Havel menyatakan bahwa jika Kadhafi tetap melakukan kejahatan (atas kemanusiaan), aksi militer akan diperlukan untuk menghentikannya.

’’Bentuk nya bisa bermacam-macam: membantu pemberontak lokal (pejuang oposisi, Red), blokade  udara, atau serangan langsung ke arah tempat-tempat persembunyian Kadhafi,’’ tutur tokoh Revolusi Beludru pada 1998 yang menjatuhkan rezim komunis di Cekoslowakia tersebut.

TRIPOLI – Terus jatuhnya korban jiwa dalam perang saudara di Libya menuai keprihatinan banyak kalangan. Pemberontakan terhadap rezim Muammar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News