Kemendiknas Gelontor Rp 500 M untuk Soal Unas

Kemendiknas Gelontor Rp 500 M untuk Soal Unas
Kemendiknas Gelontor Rp 500 M untuk Soal Unas
JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) terus memacu persiapan pelaksanaan Ujian Nasional (Unas) 2011. Anggaran Rp 500 miliar siap digelontorkan hanya untuk pengadaan soal unas. Diharapkan, awal April naskah soal sudah dicetak.

    

Mendiknas M. Nuh menjelaskan, sampai sekarang proses pengadaan soal unas masih terus dibahas. Proses pelelangan masih belum dijalankan secara menyeluruh. Nuh menarget, akhir bulan ini pemenang tender pengadaan naskah soal dan lembar jawaban unas sudah bisa diputuskan. "Sehingga sesuai jadwal, April tahap pencetakan," tandasnya di Jakarta, Senin (7/3).

Penentuan jadwal lelang dan pencetakan tersebut, memang terkesan mepet. Sebab, bulan depan proses unas sudah berlangsung. Rinciannya, unas SMA dan sederajat pada pada 18 sampai 21 April. Dan unas SMP dan sederajat pada 25 sampai 28 April.

Nuh membantah dengan persiapan yang mepet bisa membuat kisruh pelaksanan unas. Sebaliknya, dengan anggaran sebesar Rp 500 miliar, naskah bisa dicetak dalam waktu yang mendekati pelaksanaan unas. Anggaran itu jelas Nuh, setara dengan Rp 50 ribu untuk tiap peserta unas. Langkah tersebut dilakukan untuk antisipasi kebocoran. Semakin lama naskah soal disimpan di dalam percetakan, semakin besar risiko kebocorannya.

JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) terus memacu persiapan pelaksanaan Ujian Nasional (Unas) 2011. Anggaran Rp 500 miliar siap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News