Kamis, 30 Oktober 2014 | 22:13:55
Home / Ekonomi / Properti / Kredit Rumah Murah Bagi PNS

Jumat, 11 Maret 2011 , 08:43:00

BERITA TERKAIT

JAKARTA - Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) memetakan, sebagaian Pegawai Negeri Sipil (PNS) kesulitan memenuhi kebutuhan papan. Kemenpera menyiapkan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) bagi para PNS yang ingin mendapatkan rumah baru, dengan bunga terjangkau.

Deputi Bidang Pembiayaan Kemenpera Sri Hartoyo menjelaskan, dengan FLPP tersebut, PNS bisa memanfaatkan KPR dengan suku bunga rendah dan terjangkau selama masa tenor.

Hartoyo menyebutkan, dengan FLPP tersebut, suku bunga yang disiapkan berkisar pada 8 persen hingga 9,5 persen. Dengan masa pelunasan 15 tahun. "Pemerintah berharap kebijakan ini bisa benar-benar dimanfaatkan," tandasnya.

Kemenpera memutuskan, layanan FLPP ini tidak sebatas untuk para PNS saja. Tetapi juga bagi masyarakat umum lainnya. Syaratnya, para PNS dan masyarakat tersebut belum memiliki rumah. "Selain itu juga tidak sedang mengambil KPR di bank," tambahnya.

Program pengucuran FLPP ini diharapkan bisa segera dimanfaatkan masyrakat dan para PNS. Saat ini, Kemenpera masih terus mematangkan persyaratan pengajuan kredit melalui FLPP. Selain itu, Kemenpera juga masih menjajaki bank-bank yang bersedia menyediakan layanan FLPP.

Pemimpin Badan Layanan Umum  Pusat Pembiayaan Perumahan (BLU PPP) Margustienny Oemar Ali menjelaskan, kebutuhan perumahan bagi PNS di daerah sangat besar. "Terutama daerah-daerah yang mengalami pemekaran wilayah," tandasnya.

Oleh karena itu, dirinya berharap pemerintah daerah dapat bekerjasama dengan Kemenpera dan bank penyalur FLPP untuk mensosialisasikan FLPP kepada PNS. Kerjasama yang dimaksud diantaranya menyediakan lahan bagi pembangunan perumahan tersebut. Selain itu juga bisa membantu dalam mempermudah proses administrasi pembangunan perumaham terjangkau.

Oemar Ali mengatakan, pihaknya dan Kemenpera masih harus melakukan presentasi ke Bank Indonesia. Selain itu, dia berharap keterlibatan dari bank pembangunan daerah (BPD). Dia menyebutkan, BPD bisa aktif menyediakan layanan FLPP. "BPD bisa lebih berperan meningkatkan kepemilikan rumah bagi PNS, dengan meringankan bunga," tambahnya. (wan)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 23.04.2011,
        13:55
        yana
        prosedurnya apa saja, dan ada dibank mana saja? tks
      2. 15.03.2011,
        16:17
        PNS Sidrap
        fLPP sdh ada di bank mana saja?
      3. 11.03.2011,
        09:26
        pop
        mau usul, ada baiknya bila flpp ini juga bekerjasama dengan bank syariah. Sehingga PNS yang akan memanfaatkan fasilitas ini, akan tetapi karena persoalan keyakinan tdk mau memakai bank konvensional dapat menggunakan bank syariah. terima kasih. From mobile