Dua Kota Terendam, 20 Ribu Warga Hilang

Dua Kota Terendam, 20 Ribu Warga Hilang
Foto : AP
BANJIR lumpur dan puing-puing memenuhi wilayah sepanjang pantai timur laut Jepang setelah gempa dan tsunami menerjang pada Jumat siang lalu (11/3). Di kawasan itu, sejumlah kota dan desa berlokasi.

Tetapi, beberapa di antaranya tenggelam akibat terendam lumpur tsunami. Dua kota pantai, misalnya, rusak sangat parah akibat terendam lumpur. Yakni, Minamisanriku dan Kesennuma, Perfektur Miyagi,. Dua kota tersebut menjadi simbol kehancuran akibat gempa dan tsunami. Sekitar 20 ribu warga dua kota itu dilaporkan hilang. Hanya beberapa bangunan di dua kota itu yang masih berdiri tegak. Sebagian besar lainnya sudah rata oleh tsunami.

 

Sebelum terjadi bencana, Minamisanriku dikenal sebagai kota pelabuhan ikan. Tetapi, hingga kemarin (13/3) sekitar 10 ribu di antara 17 ribu warganya belum diketahui keberadaannya. Kota tersebut justru terendam lautan Lumpur.

Nasib yang sama terjadi pada Kota Kesennuma, sekitar 42 km di utara Minamisanriku. Jumlah yang sama warga di kota tersebut dilaporkan telah hilang. Saat ini Kesennuma terkubur endapan lumpur dan puing-puing yang tersapu oleh tsunami setinggi 10 meter.

BANJIR lumpur dan puing-puing memenuhi wilayah sepanjang pantai timur laut Jepang setelah gempa dan tsunami menerjang pada Jumat siang lalu (11/3).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News