Krisis Nuklir Jepang, Sharapova jadi Ingat Chernobyl

Tak Main Tenis jika Bukan karena Tragedi Nuklir

Krisis Nuklir Jepang, Sharapova jadi Ingat Chernobyl
Krisis Nuklir Jepang, Sharapova jadi Ingat Chernobyl
MOSKOW - Gempa bumi dan tsunami memberi efek bencana yang besar pada Jepang. Bencana yang muncul pada Jumat (11/3) itu mengakibatkan jatuhnya ribuan korban jiwa dan rusaknya banyak fasilitas penting. Namun, kekhawatiran bertambah terkait bencana susulan yang disebabkan nuklir.

Gempa dan tsunami turut menghancurkan fasilitas di pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) di Fukushima. Kekhawatiran muncul karena radiasinya bisa mengancam di kemudian hari. Meski Jepang beberapa kali telah menegaskan mampu menahan radiasi tersebut, kekhawatiran tetap muncul.

Gempa besar yang menyebabkan krisis nuklir tersebut turut menyita perhatian petenis Rusia, Maria Sharapova. Dia khawatir dampaknya akan sama seperti tragedi Chernobyl pada 1986. Tragedi Chernobyl yang dampaknya bisa dilihat sampai sekarang tersebut ternyata cukup dekat dengan kehidupan mantan ratu tenis dunia itu.

Chernobyl memang bagian dari perjalanan hidup keluarga Sharapova. Ketika bencana terjadi, Sharapova memang belum lahir dan masih dalam kandungan ibunya, Yelena. Bersama suaminya, Yuri, keluarga itu kemudian meninggalkan kota mereka, Gomel, yang terletak 80 mil sebelah utara Chernobyl. Gomel merupakan satu wilayah yang terkena dampak radiasi akibat bocornya pusat nuklir di Chernobyl.

MOSKOW - Gempa bumi dan tsunami memberi efek bencana yang besar pada Jepang. Bencana yang muncul pada Jumat (11/3) itu mengakibatkan jatuhnya ribuan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News