Pemicu Rusuh SARA Kabur Lewat Pelabuhan Tikus

Pemicu Rusuh SARA Kabur Lewat Pelabuhan Tikus
Pemicu Rusuh SARA Kabur Lewat Pelabuhan Tikus
BATAM - Warga Negara Asing (WNA) bernama Prabakaran Ganesh yang menjadi tersangka utama kasus kerusuhan berbau SARA di Drydocks Graha 22 April 2010, dipastikan sudah kabur ke luar negeri. Pria berkebangsaan India tersebut kabur dari tahanan kota Polresta Barelang melalui pelabuhan tikus.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian (Wasdakim) Kantor Imigrasi Kelas I Batam, Haryadi seperti dilansir Batam Pos (grup JPNN). Haryadi memperkirakan Prbakaran sudah meninggalkan Batam sejak tahun 2010 lalu. "Paspor-nya masih di tangan saya. Berarti jelas orang ini keluar melalui pelabuhan tikus, bukan melalui pelabuhan resmi," kata Haryadi.

Menurut Haryadi, banyaknya pelabuhan tikus di Batam ini memang sering dimanfaatkan untuk lalulintas orang asing yang masuk atau keluar Batam secara ilegal. Sepanjang Januari-Maret 2011 saja pihaknya telah menangkap sekitar 50 orang asing yang masuk ke Batam secara ilegal.

Umumnya mereka berasal dari Afganistan, Myanmar, Thailand, Bangladesh, Pakistan dan lain sebaginya. Saat ini mereka dititipkan di Rumah Detensi Imigrasi, Tanjung Pinang. "Cukup menyewa pancung Rp1 juta, mereka sudah bisa keluar atau masuk Indonesia melalui pelabuhan tikus di Batam," kata Hariadi.

BATAM - Warga Negara Asing (WNA) bernama Prabakaran Ganesh yang menjadi tersangka utama kasus kerusuhan berbau SARA di Drydocks Graha 22 April 2010,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News