Gubernur Dipilih Dewan, Demokrat Diuntungkan

Gubernur Dipilih Dewan, Demokrat Diuntungkan
Gubernur Dipilih Dewan, Demokrat Diuntungkan
JAKARTA - Pendiri Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Didik Supriyanto, menilai Partai Demokrat akan diuntungkan jika rencana pemerintah dalam Rancangan Undang-undang (RUU) Pilkada agar Gubernur dipilih DPRD terealisasi. Pasalnya, Demokrat adalah pemenang Pemilu legislatif 2009 yang banyak menguasai DPRD Provinsi.

Didik mengungkapkan, dalam RUU Pilkada yang dirumuskan pemerintah jelas-jelas disebutkan adanya pemilihan gubernur oleh DPRD. "Mungkin salah satunya karena Partai Demokrat merasa unggul suaranya di Dewan Provinsi," kata Didik di Jakarta, Selasa (29/3).

Terhadap rencana perubahan pemilihan gubernur itu, Didik menyatakan penolakannya. Apalagi jika alasan yang mendasari Pemilukada dikembalikan ke DPRD hanya karena masalah efektifitas biaya.

Menurutnya, untuk mengefektifkan proses maupun hasil pemilihan kepala daerah justru yang paling untuk dilakukan adalah menata sistem pelaksanaannya mulai penjaringan calon hingga pemilihan. "Bukan dengan mengubah pola pemilihan, dari rakyat ke DPRD," tandasnya.

JAKARTA - Pendiri Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Didik Supriyanto, menilai Partai Demokrat akan diuntungkan jika rencana pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News