Hati-Hati, Raskin Berjamur !

Hati-Hati, Raskin Berjamur !
Hati-Hati, Raskin Berjamur !
JAKARTA—Kualitas beras miskin (raskin) jauh dari standar kualitas yang diharapkan. Masyarakat yang berharap terbantukan dengan membeli beras murah malah terancam kena penyakit karena mengkonsumsinya.

Anggota DPD RI asal Gorontalo, Budi Doku mengatakan, DPD telah melakukan penelitian di seluruh daerah atas kualitas raskin. Menurutnya, didapati di beberapa daerah raskinnya berjamur dan berkutu. “Seperti di Sumut yang berasnya mengandung unsur yang dapat mengakibatkan munculnya jamur aflatoksin,” kata Doku dalam rapat kerja Komite II dengan Bulog, Rabu (30/3).

Doku yang juga seorang dokter mengatakan, beras yang tak lagi berwarna putih dan telah hitam atau kekuning-kuningan pasti telah berjamur aflatoksin. “Belum lama ini saya ke Taiwan dan disana Menteri Luar Negeri Taiwan memamerkan berasnya yang putih bersih. Kata Menlu, bila sudah berwarna lain pasti sudah berjamur aflatoksin,” jelasnya. 

Ia mengatakan, sering raskin disiasati oknum tak bertanggungjawab agar terlihat baik. “Di Bali didapati raskin yang sudah berwarna hitam dan kekuning-kuningan dicampur tepung agar terlihat putih,” ujar Doku yang bertindak sebagai pimpinan raker.

JAKARTA—Kualitas beras miskin (raskin) jauh dari standar kualitas yang diharapkan. Masyarakat yang berharap terbantukan dengan membeli beras

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News