Citibank Harus Tanggung Jawab

Citibank Harus Tanggung Jawab
Citibank Harus Tanggung Jawab
JAKARTA - advokat spesialis perlindungan konsumen David Tobing menilai perusahaan tetap harus bertanggungjawab penuh terhadap dua kasus yang melibatkan Citibank. Yakni penggelapan dana nasabah dengan tersangka mantan senior manager Malinda Dee dan kematian Sekjen Partai Pemersatu Bangsa (PPB) Irzen Octa.

     

Dalam kasus Malinda, kata David, Citibank harus mengganti semua dana yang digelapkan sosilita ayu itu. Menurut dia, hubungan bank dengan nasabah terjalin karena ada perjanjian pembukaan rekening.

Nah, siapapun orang yang ditunjuk bank untuk memegang atau meng-handle rekening tersebut sejatinya mewakili bank. Jika akhirnya account officer tersebut berbuat salah, bank tetap harus bertanggungjawab.

Itu, kata David, dengan jelas diatur dalam KUHPerdata di pasal 1365, 1366, dan 1367. Apalagi dalam kasus tersebut, para nasabah tidak pernah menyepakati agar dana mereka ditransfer ke rekening-rekening lain di luar perjanjian. "Ini menunjukkan pengawasan bank lemah," katanya.

JAKARTA - advokat spesialis perlindungan konsumen David Tobing menilai perusahaan tetap harus bertanggungjawab penuh terhadap dua kasus yang melibatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News