81 Persen Maktab Haji Berada di Ring I

81 Persen Maktab Haji Berada di Ring I
81 Persen Maktab Haji Berada di Ring I
JAKARTA - Calon jamaah RI pada musim haji tahun ini bakal lebih leluasa beribadah di Masjidilharam, Makkah. Sebab, sesuai data terbaru Kementerian Agama (Kemenag), saat ini perolehan pemondokan jamaah di Makkah di ring I atau jarak terdekat ke Masjidilharam sudah mencapai 81,36 persen.

Artinya, target yang ditetapkan Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali untuk mendapatkan setidaknya 80 persen maktab ring I telah terpenuhi. "Harapan kami jumlah tersebut akan bertambah karena saat ini masih ada cukup waktu," ujar Sekjen Kemenag Bahrul Hayat setelah mendampingi delegasi Muslim Rusia yang dipimpin Deputy Chairman of Russia Mufties Council Rushan Hazrat Abbasyov Jumat malam (1/4).

     

Namun pencapaian itu tampaknya juga akan diikuti dengan kenaikan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) pada tahun ini. Potensi kenaikan dipicu harga tiket pesawat dan biaya pemondokan di Arab Saudi yang semakin mahal. Bahrul mengutip pernyataan Suryadharma mengatakan bahwa potensi kenaikan itu memang ada tapi jumlahnya tidak akan terlalu banyak," kata dia.

Tahun lalu kenaikan dua harga pemondokan dan harga avtur bisa berimbas pada kenaikan BPIH. Mengacu BPIH tahun lalu, biaya pemondokan bagi jamaah haji sebesar 2.850 real disubsidi dari biaya optimalisasi hingga 300 real. Sehingga kenaikan tidak berdampak besar kepada jamaah haji.

JAKARTA - Calon jamaah RI pada musim haji tahun ini bakal lebih leluasa beribadah di Masjidilharam, Makkah. Sebab, sesuai data terbaru Kementerian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News