Mendiknas Bantah Kebocoran Soal Unas 80 Persen

Mendiknas Bantah Kebocoran Soal Unas 80 Persen
Mendiknas Bantah Kebocoran Soal Unas 80 Persen
JAKARTA — Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh membantah kabar kebocoran soal ujian nasional (Unas) di beberapa daerah. Menurutnya, isu yang tersebar di kalangan masyarakat tersebut adalah berita yang terlalu mengada-ada.

“Saya dengar ada kebocoran sampai 80 persen. Wah, itu bukan bocor lagi, tapi jebol. Coba kalau mengungkapkan sesuatu hal itu harus dengan logika,” terangnya ketika ditemui di Gedung Sampoerna Strategic, Jakarta, Senin (4/4).

Ia mengatakan, pihaknya baru saja melakukan inspeksi mendadak (sidak) di percetakan naskah atau soal Unas di beberapa daerah di Indonesia. Mantan rektor Institut teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya tersebut mengungkapkan, kondisi percetakan soal Unas sudah memenuhi standar operasional prosedur (SOP).

“Saya kemarin baru saja ngecek ke tempat salah satu percetakan yang mencetak soal Unas. Alhamdulillah bagus. Jadi, mulai dari keamanan personal juga diperiksa. Dia (pengawas/penjaga)  juga tidak  sungkan memeriksa saya. Saya harus mencopot dan meletakkan  jam tangan, dompet, sepatu, pulpen, handphone dan lainnya. Artinya, begitu saya perhatikan SOPnya itu memenuhi syarat,” imbuhnya.

JAKARTA — Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh membantah kabar kebocoran soal ujian nasional (Unas) di beberapa daerah. Menurutnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News