FIFA Ambil Alih PSSI

Bentuk Komite Normalisasi Sebagai Komite Pemilihan Kongres

FIFA Ambil Alih PSSI
Kantor pusat FIFA di Jenewa, Swiss. Foto : AP
JAKARTA - Otoritas sepak bola dunia, FIFA, akhirnya mengeluarkan keputusan terkait dengan karut-marut PSSI. Rapat komite darurat FIFA pada 1 April lalu memutuskan untuk membentuk Komite Normalisasi PSSI.

Sebagaimana dilansir situs FIFA tadi malam (4/4), komite tersebut secara otomatis mengambil alih kendali Komite Eksekutif PSSI. Keputusan itu dikeluarkan karena PSSI di bawah Ketua Umum Nurdin Halid dianggap tidak lagi kredibel mengatasi krisis di tubuh organisasi.

 

Krisis yang dimaksud adalah kegagalan PSSI mengontrol break away league, Liga Primer Indonesia (LPI). Juga, ketidakmampuan PSSI menyelenggarakan kongres yang sesuai dengan standar pemilihan FIFA serta kegagalan memilih komite pemilihan. 

 

Nah, misi komite normalisasi nanti adalah menjalankan tugas keseharian PSSI untuk sementara. Yaitu, menyelenggarakan pemilihan umum berdasar electoral code FIFA dan statuta PSSI paling lambat 21 Mei. Selain itu, tugas komite normalisasi adalah mengontrol LPI. Jika tidak bisa, komite tersebut harus segera menghentikan kompetisi itu sama sekali.

 

JAKARTA - Otoritas sepak bola dunia, FIFA, akhirnya mengeluarkan keputusan terkait dengan karut-marut PSSI. Rapat komite darurat FIFA pada 1 April

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News