Lima K/L Pilot Project RB Dievaluasi

Lima K/L Pilot Project RB Dievaluasi
Lima K/L Pilot Project RB Dievaluasi
JAKARTA - Lima kementerian/lembaga (K/L) yang menjadi pilot project program reformasi birokrasi (RB) gelombang pertama akan dievaluasi tahun ini. Kelima K/L tersebut adalah Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Mahkamah Agung (MA), Sekretariat Kabinet (Setkab), dan Sekretariat Negara (Setneg).

"Tim RBN (reformasi birokrasi nasional) akan mengevaluasi lima K/L pilot project reformasi gelombang pertama dalam waktu dekat ini," ungkap Deputi Program dan Reformasi Birokrasi Kemen PAN & RB, Muhammad Ismail di kantornya, Selasa (5/4).

Kriteria penilaian serta evaluasi kelima K/L tersebut, kata Ismail mengacu pada road map dan grand design reformasi birokrasi. Di mana ada delapan perubahan area yang diinginkan, yaitu penataan organisasi, SDM, tata laksana, akuntabilitas kinerja, pengawasan internal, layanan publik, perubahan mindset dan cultureset, dan penataan perundang-undangan.

"Tim RBN akan menilai performance kelembagaannya. Setelah evaluasi, tim akan menentukan punishmentnya. Kalau rewardnya kan sudah jelas yaitu pemberian remunerasi (tunjangan kinerja)," terang Ismail.

JAKARTA - Lima kementerian/lembaga (K/L) yang menjadi pilot project program reformasi birokrasi (RB) gelombang pertama akan dievaluasi tahun ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News