Reformasi Birokrasi K/L Ditargetkan Tuntas 2014

Reformasi Birokrasi K/L Ditargetkan Tuntas 2014
Reformasi Birokrasi K/L Ditargetkan Tuntas 2014
JAKARTA - Pemerintah menargetkan pelaksanaan reformasi birokrasi untuk kementerian/lembaga (K/L) tuntas 2014. Hingga saat ini ada 14 K/L yang telah direformasi dan menerima remunerasi. Dan menyusul dua (Kementerian Hukum-HAM dan Kejaksaan Agung) yang direncanakan tahun ini telah menerima reward (remunerasi) atas pelaksanaan reformasi birokrasinya, sehingga totalnya menjadi 16 K/L.

Hanya saja menurut Deputi Program dan Reformasi Birokrasi Kemenpan&RB Muhammad Ismail, ke-16 K/L diwajibkan membuat dokumen reformasi yang baru lagi sesuai Permenpan No 2 Tahun 2010 tentang Road Map dan Grand Design. Demikian juga 23 K/L yang telah memasukkan usulan reformasi birokrasi.

"Karena dokumen 23 K/L yang mengajukan reformasi birokrasi tahun ini masih mengacu pada Permenpan No 15 Tahun 2008, terpaksa kami kembalikan lagi. Alhamdulillan 23 K/L ini tidak keberatan untuk mengubah dokumennya sesuai ketentuan baru," terang Ismail usai sosialisasi grand design dan road map reformasi birokrasi di Kantor Kemen PAN & RB, Selasa (5/4).

Di dalam Permenpan 15, reformasi birokrasinya sifatnya internal dan hanya mencakup tiga area perubahan yaitu organisasi, SDM, dan tata laksana. Sedangkan di Permenpan 20 sifatnya lebih global dan luas dengan delapan area perubahan.

JAKARTA - Pemerintah menargetkan pelaksanaan reformasi birokrasi untuk kementerian/lembaga (K/L) tuntas 2014. Hingga saat ini ada 14 K/L yang telah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News