BI Kontrol Rupiah, Modal Masuk Deras

BI Kontrol Rupiah, Modal Masuk Deras
BI Kontrol Rupiah, Modal Masuk Deras
NUSA DUA – Membaiknya rating Indonesia membuat serbuan capital inflow atau aliran modal masuk ke Indonesia makin deras. Hal tersebut mengakibatkan dilema tersendiri bagi pengelolaan moneter. Salah satunya adalah penguatan drastis nilai tukar rupiah.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Hartadi A. Sarwono mengungkapkan hal tersebut di sela pertemuan gubernur bank sentral ASEAN di Nusa Dua, Bali, kemarin. Dia mengatakan, Indonesia harus mampu memanfaatkan aliran dana tersebut untuk aktivitas ekonomi jangka panjang.

”Dilemanya sebenarnya terdapat di kita sendiri. Bagaimana kita bisa memanfaatkan inflow itu sebaik-baiknya untuk kegiatan ekonomi jangka panjang,” tutur Hartadi.

Hartadi menyatakan, derasnya aliran modal masuk tidak hanya terjadi di Indonesia. Aliran dana tersebut mengalir rata ke negara pasar sedang berkembang atau emerging market. Namun, penguatan aliran dana yang terlalu deras akan mengakibatkan komplikasi pada kebijakan moneter. Dengan begitu, bank sentral akan berhati-hati dalam melakukan intervensi.

NUSA DUA – Membaiknya rating Indonesia membuat serbuan capital inflow atau aliran modal masuk ke Indonesia makin deras. Hal tersebut mengakibatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News