PT Wajib Dukung Masterplan Pembangunan Ekonomi

PT Wajib Dukung Masterplan Pembangunan Ekonomi
PT Wajib Dukung Masterplan Pembangunan Ekonomi
JAKARTA -- Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), Komite Ekonomi Nasional dan Komite Inovasi Nasional  mengimbau kepada seluruh perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS) untuk mendukung penyelesaian  Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011-2025. 

"Kami membangun enam koridor dan enam pusat pertumbuhan ekonomi yang mempertimbangakan kewilayahan dan ketersediaan sumber daya alam dengan sentuhan teknologi dan inovasi, soft skill dan knowledge mulai dari Aceh sampai Papua," terang Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh di sela  pelantikan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Triyogi Yuwono di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Rabu (13/4).

Nuh mengatakan, dengan pembangunan tersebut diperkirakan akan menjaring investasi sebesar Rp 4.000 triliun dan jutaan peluang kerja bisa diciptakan dari perluasan ekonomi. Bersamaan dengan pembangunan tersebut, lanjut Nuh, Kemdiknas saat ini sedang merampungkan masterplan pembangunan sumber daya manusia yang mendukung MP3EI. "Kita harapkan SDM yang kita hasilkan nanti mampu memerankan baik sebagai supporter (pendukung), driver (penggerak), dan justru yang kita harapkan adalah sebagai enabler (pemungkin)," katanya.

Supporter dan driver diisi oleh lulusan SMA, D3, dan S1, sedangkan posisi enabler diisi oleh lulusan S2. Untuk itu, Nuh  mengajak perguruan tinggi untuk mendukung pembangunan SDM dan menerapkan pemerintahan yang efektif dan efisien. Adapun strategi untuk menjawab efisiensi dan efektifitas tersebut adalah dengan berbagi sumber daya, integrasi proses, dan pemanfaatan teknologi informasi.

JAKARTA -- Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), Komite Ekonomi Nasional dan Komite Inovasi Nasional  mengimbau kepada seluruh perguruan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News