Pertumbuhan Investasi Bisa Double Digit

Pertumbuhan Investasi Bisa Double Digit
Pertumbuhan Investasi Bisa Double Digit
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) yakin betul pertumbuhan investasi dalam  skala nasional tahun ini bisa mencapai 10 persen. Ini disokong oleh makin membaiknya perekonomian terutama tren investasi langsung oleh pemodal asing yang terus menanjak.

"Jadi memang trennya meningkat. Asumsi itu tadi, investasi itu akan terus membaik, di 2011 bisa tumbuh 10 persen apalagi kita akan bergerak ke investment grade sehingga dapat memeroleh pembiayaan lebih murah," kata Kepala Biro Kebijakan Moneter BI Sugeng di Jakarta, Rabu (13/5).

Sugeng mengatakan pemodal asing terus meningkatkan penempatan dana pada investasi langsung dari semula lebih memilih menaruh dana di portofolio atau surat berharga. "FDI (foreign direct investment) terus mengalami peningkatan. Pada 2009 sebesar USD 2,6 miliar menjadi USD 9,8 miliar pada 2010. gambaran portofolio pada 2009 sebesar USD 9,7 miliar menjadi USD 15,2 miliar pada 2010," ujar dia.

Pertumbuhan investasi pencapaian pada 2009 lalu sebesar 3,3 persen dan 2010 sebesar 8,5 persen. "Pada kuartal I 2011 kami proyeksikan bisa mencapai 9,2," ucapnya.

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) yakin betul pertumbuhan investasi dalam  skala nasional tahun ini bisa mencapai 10 persen. Ini disokong oleh makin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News