Wamendiknas Akui Ada Kebocoran Soal Unas di Gorontalo

Wamendiknas Akui Ada Kebocoran Soal Unas di Gorontalo
Wamendiknas Akui Ada Kebocoran Soal Unas di Gorontalo
JAKARTA - Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal mengakui telah terjadi kebocoran soal ujian nasional (Unas) di salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di Gorontalo. Dalam temuan Kemdiknas tersebut menurutnya, oknum kepala sekolah (Kepsek) setempat mengkoordinir guru untuk memberikan kunci jawaban mata pelajaran Fisika kepada peserta ujian.

"Memang benar, ada kebocoran soal Unas di Gorontalo yang dilakukan oleh kepala sekolah. Kejadian ini dibuktikan berdasarkan temuan dan laporan dari pihak pengawas Unas setempat. Kebocoran itu diketahui dengan adanya amplop soal yang sudah terbuka, dan guru segera mengerjakan soal tersebut untuk mencari jawabannya," ungkap Fasli, ketika ditemui usai inspeksi mendadak (Sidak) pelaksanaan Unas tingkat SLTP, di SMPN 181 Jakarta Pusat, Senin (25/4).

Mantan Dirjen Dikti Kemdiknas ini mengungkapkan, awal terjadinya kebocoran soal Unas tersebut sudah mulai tercium sejak proses pengambilan soal di rayon. Bahkan, lanjut Fasli, sang guru pun ikut mengerjakan soal ujian di saat ujian berlangsung. "Dengan bukti temuan itu, akhirnya kita tindaklanjuti dan diperiksa oleh pihak kepolisian," imbuhnya.

Menurut Fasli, kejadian ini merupakan kasus kecurangan yang paling serius di sepanjang pelaksanaan Unas tahun 2010/2011 jenjang SMA/MA/SMK, yang digelar pada 18-21 April 2011 lalu. Sementara untuk pelaksanaan Unas SMP ini, pengawasannya diakui Fasli lebih longgar apabila dibandingkan dengan Unas SMA. Yakni hanya dilakukan oleh guru dan pengawas tingkat provinsi, berbeda dengan Unas tingkat SMA sederajat yang turut diawasi oleh polisi dan pihak perguruan tinggi.

JAKARTA - Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal mengakui telah terjadi kebocoran soal ujian nasional (Unas) di salah satu Sekolah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News