Soal Jaminan Sosial, Komitmen Pemerintah Diragukan

Soal Jaminan Sosial, Komitmen Pemerintah Diragukan
Soal Jaminan Sosial, Komitmen Pemerintah Diragukan
JAKARTA - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) meragukan komitmen pemerintah untuk memberikan jaminan sosial kepada masyarakat. Pasalnya, hingga saat ini Rancangan Undang-undang (RUU) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) belum juga disahkan.

"Komitmen pemerintah sangat diragukan untuk memberikan jaminan sosial. Logika apa yang dipakai pemerintah sementara RUU BPJS itu tinggal disahkan saja," kata Ahmad Jajuli, Wakil Ketua Komite III DPD pada diskusi bertajuk "Menyoal Jaminan Sosial" di Gedung DPD, Senayan, Jakarta, Jumat (29/4).

Anggota DPD dari Provinsi Lampung itu menjelaskan, pemerintah seharusnya tidak perlu ragu untuk mengesahkan RUU BPJS karena anggaran yang akan digunakan untuk kepentingan rakyat tidak membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Kata dia, untuk jaminan sosial, pemerintah hanya merelakan Rp 5-20 triliun per tahunnya. "Harusnya kepentingan rakyat ini diakomodasi, untuk anggaran BPJS itu hanya sekian persen saja dari APBN," tukasnya.

Ahmad Jajuli mengungkapkan RUU BPJS ini sudah dinanti oleh masyarakat untuk disahkan. "Masyarakat menunggu dengan sungguh-sungguh dan menanti keseriusan pemerintah. Di Thailand itu jaminan sosialnya berjalan mulus dan di sana masyarakatnya dijamin oleh Undang-undang " katanya.

JAKARTA - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) meragukan komitmen pemerintah untuk memberikan jaminan sosial kepada masyarakat. Pasalnya, hingga saat ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News