Robot Soccer, Gocek Bola Dipandu Ponsel

Robot Soccer, Gocek Bola Dipandu Ponsel
Robot Soccer, Gocek Bola Dipandu Ponsel
JAKARTA - Sebanyak 80 pelajar SD dan SMP yang terbagi dalam 40 tim mengikuti lomba Robot Soccer yang diselenggarakan World Robot Explorer (WRE) atau Rumah Robot. Robot rakitan peserta akan tampil melawan robot karya peserta lainnya menggunakan remote melalui Bluetooth dari laptop atau ponsel yang dibawa masing-masing peserta.

"Lomba merakit robot ini membuat para pecinta robot dapat menemukan wadah baru, untuk terus mengeksplorasi kemampuan mereka," kata pendiri Rumah Robot, Jilly Tjindrawan, kepada pers di Jakarta, usai membuka lomba, akhir pekan lalu (30/4).

Kedua tim menunjukkan kebolehan robot rakitannya dalam sebuah lapangan bola mini sepanjang 3 meter dan lebar 1,5 meter. Gawangnya berupa kotak persegi panjang berbeda warna sebagai pembeda kedua tim. Di atas kotak itu pula ditaruh ponsel atau laptop kedua tim, untuk mengendalikan robotnya merebut, menggiring, menggocek, hingga memasukkan bola ke kotak gawang.

Jilly berharap masyarakat Indonesia dapat menangkap "semangat" dan "momen" bahwa robotika bukanlah suatu trend, melainkan era masa depan abad 21. "Rumah Robot akan menjadi cikal bakal lahirnya komunitas pencinta robotika yang sebelumnya tidak mendapat tempat untuk saling bertukar pikiran dan ilmu," ungkap Jilly.

JAKARTA - Sebanyak 80 pelajar SD dan SMP yang terbagi dalam 40 tim mengikuti lomba Robot Soccer yang diselenggarakan World Robot Explorer (WRE) atau

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News