Ekspor Kopi Terkerek Harga Dunia

Ekspor Kopi Terkerek Harga Dunia
Ekspor Kopi Terkerek Harga Dunia
JAKARTA- Ekspor kopi meningkat signifikan tahun ini. Faktor harga dunia turut mengerek kenaikan ekspor kalau berdasarkan nilai. pada Januari-Februari 2011 nilai ekspor kopi menjadi USD 164,3 juta atau naik 123,3 persen dari periode sama tahun lalu sebesar USD 73,6 juta.

Sekjen Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) Rachim Kartadibrata mengatakan harga kopi tahun ini mengalami kenaikan kalau dibandingkan awal tahun lalu. Disebutkan, harga kopi sebesar USD 2,60 per ton. Sementara tahun lalu kurang dari USD 2 per ton. "Karena itu kalau berdasarkan nilai mengalami kenaikan signifikan," katanya kemarin (9/5).

Data Kementerian Perdagangan menunjukkan komoditas kopi termasuk dalam sepuluh produk utama dalam ekspor non migas. Sedangkan komoditas lain seperti sawit, kakao dan karet. Sementara kalau berdasar nilai mengalami kenaikan sebesar 77 persen dari periode sama tahun lalu.

Menurut dia kenaikan pada awal tahun ini terjadi karena profit taking di kalangan eksportir. Mereka menahan untuk menjual kopi ke pasar luar negeri pada tahun lalu. Kemudian menjual pada tahun ini ketika harga kopi global mengalami kenaikan.

JAKARTA- Ekspor kopi meningkat signifikan tahun ini. Faktor harga dunia turut mengerek kenaikan ekspor kalau berdasarkan nilai. pada Januari-Februari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News