Hati-hati Penipuan SNM PTN

Pengumuman Kelulusan Hanya di Internet

Hati-hati Penipuan SNM PTN
Hati-hati Penipuan SNM PTN
JAKARTA - Meskipun belum memakan korban, penipuan berkedok pengumuman kelulusan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM PTN) jalur undangan mulai muncul. Pantia pusat SNM PTN menegaskan, pengumuman kelulusan tidak disampaikan melalui telepon, SMS (short massage service), maupun surat.

Kasus penipuan berkedok SNM PTN tersebut muncul di provinsi DIY pekan lalu. Ceritanya, seorang siswa di sekolah swasta di DIY menerima telepon dari seseorang yang mengaku dari Universitas Indonesia (UI). Nah, dalam sambungan telepon tersebut, orang misterius itu menginformasikan jika siswa tadi dinyatakan lolos jalur undangan di Fakultas Psikologi UI. Dalam pembicaraan itu, penelpon misterius meminta sejumlah uang sebagai syarat masuk.

Untungnya, siswa tadi sigap dan tidak mudah ditipu. Siswa tadi langsung mengkonfirmasi informasi gelap itu ke UI. Akhirnya, pihak UI mengatakan jika kampus tidak berwenang untuk menyampaikan informasi kelulusan pendaftar jalur undangan SNM PTN.

Mendengar kabar tersebut, Bendahara Panitia Pusat SNM PTN Rohmat Wahab memastikan jika kejadian itu murni penipuan. Dia menegaskan, pihak yang berwenang menentukan kelulusan pendaftar jalur undangan SNM PTN bukan kampus. "Panitia (SNM PTN, red) sendiri yang akan mengumumkan melalui internet (www.snmptn.ac.id, red)," tegas Rohmat kemarin (10/5). Selain itu, pengumuman juga dikeluarkan lewat koran.

JAKARTA - Meskipun belum memakan korban, penipuan berkedok pengumuman kelulusan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM PTN) jalur undangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News