iPad 2 Bakal jadi Superkomputer

iPad 2 Bakal jadi Superkomputer
Bos Apple, Steve Jobs dan tampilan iPad 2. Foto : REUTERS
TENNESSEE - Peneliti dari Universitas Tennessee, Amerika Serikat tengah meneliti peluang menjadikan iPad 2 sebagai superkomputer. Kemungkinan ini muncul setelah didapati fakta bahwa komputer tablet keluaran Apple yang diluncurkan awal Maret 2011 itu lebih cepat dibanding superkomputer yang ada pada tahun 1985, yakni Cray 2.

Berdasar benchmark menggunakan Linpack, tim dari Oak Ridge National Laboratory yang dipimpin Jack Dongarra, menyimpulkan bahwa prosesor dual core Apple A5 1GHz kinerjanya bisa mencapai 1,5-1,6 gigaflops. Sementara, dengan menggunakan 4 prosesor (8 inti), kinerja puncak Cray 2 hanya mencapai 1,9 gigaflops.

Artinya, cukup dengan 2 iPad saja rekor Cray 2 yang sempat bertahan selama 5 tahun sudah tumbang. Sesuai namanya, Cray 2 dibangun oleh Seymour Cray dengan 256 juta 64 bit RAM dan memiliki kecepatan clock mencapai 260 MHz. Harganya USD 17 juta atau lebih 34.000 kali dibanding harga iPad 2 termurah yakni USD 499.

Tentu tak fair membandingkan Cray yang berteknologi 26 tahun lalu dengan iPad yang baru seumur jagung. Meski begitu, seperti dikutip dari tgdaily, Jumat (13/5), rencana Dongarra dan timnya bukanlah pekerjaan mudah. Perlu solusi bagaimana cara menghubungkan antar-iPad. Termasuk pula mengakali (jailbreak) perangkat lunak bawaan Apple, agar bisa beroperasi stabil sebagai sebuah perangkat baru. (pra/jpnn)


TENNESSEE - Peneliti dari Universitas Tennessee, Amerika Serikat tengah meneliti peluang menjadikan iPad 2 sebagai superkomputer. Kemungkinan ini


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News