ICW: Masih Banyak Rosa yang Lain di DPR

ICW: Masih Banyak Rosa yang Lain di DPR
ICW: Masih Banyak Rosa yang Lain di DPR
JAKARTA - Wakil Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW), Emerson Juntho, menyebut bahwa ada banyak orang-orang yang perilakunya mirip tersangka suap Sesmenpora, Mindo Rosalina Manulang (Rosa), yang kerap berada di Gedung DPR. "Itu memang sering kali ditemui di DPR," ujar Emerson, usai acara diskusi polemik di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (14/5).

Menurut Emerson, dalam kerjanya, para 'broker' tersebut biasanya berkoalisi dengan makelar, birokrat, kontraktor, dan kalangan DPR sendiri. "Proyek ini bahkan diinisiasi bersama oleh makelar, kontraktor, birokrat dan DPR sendiri," ujar Emerson.

Merujuk pada kasus korupsi yang melibatkan anggota DPR Abdul Hadi Djamal, di mana ada proyek yang tiba-tiba disetujui dibangun meski sebelumnya tak ada pembicaraan maupun sosialisasi, menurut Emerson, hal serupa ternyata terjadi pula di kasus suap Sesmenpora. Dan itu menurutnya masih banyak lagi yang lainnya.

"Misalnya, dalam kasus Abdul Hadi Djamal. Kan belum ada pemikiran di pemerintah bahwa pembangunan di Indonesia Timur itu penting. Tapi tiba-tiba dibentuk sedemikian rupa bahwa itu penting," tandas Emerson. (kyd/jpnn)

JAKARTA - Wakil Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW), Emerson Juntho, menyebut bahwa ada banyak orang-orang yang perilakunya mirip tersangka


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News