Kontras Sebut Densus 88 Ceroboh

Kontras Sebut Densus 88 Ceroboh
Koordinator Kontras Haris Azhar (paling kanan) saat diskusi. Foto: Arundono/JPNN
JAKARTA - Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (Kontras) menyesalkan aksi brutal yang dilakukan Datasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Mabes Polri yang menewaskan warga sipil, Nur Iman dan dua terduga teroris, Sigit Qurdowi dan Hendro Yunianto pada Sabtu (14 /5) akhir pekan lalu.

"Tewasnya satu warga sipil merupakan kecerobohan yang tidak bisa ditolerir. Kecorobahan ini ujung dari ketidakprofesionalan Densus 88 mengidentifikasi targetnya," kata Koordinator Kontras, Haris Azhar dalam diskusi di Sekertariat Kontras, Menteng, Jakarta, Senin (16/5).

Haris juga menyayangkan adanya upaya paksa yang kerap dilakukan Densus 88 menagkap tersangka teroris di tengah kerumunan publik. "Polisi harus memiliki standarisasi dalam melumpuhkan tersangka teroris, standarisasi ini penting untuk mengukur apakah operasi anti-terorisme ini dapat dilakukan ditengah permukiman warga," ujar Haris.

Catatan Kontras, dari 6 operasi anti teroris Densus 88 di tahun 2010, 24 orang tewas tertembak, 9 orang luka tembak, 420 orang ditangkap dan diproses hukum, dan 19 orang korban penangkapan sewenang-wenang yang akhirnya dibebaskan karena tidak terbukti terlibat.

JAKARTA - Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (Kontras) menyesalkan aksi brutal yang dilakukan Datasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News