Nuh Perintahkan Verifikasi Ulang Nilai UN

Kemdiknas Buka Posko Pengaduan Nilai Nol

Nuh Perintahkan Verifikasi Ulang Nilai UN
Luapan Kelulusan: Berbagai macam cara dilakukan oleh siswa-siswi untuk meluapkan kelulusan. Foto: Suwarjono/Kendaripos/JPNN
JAKARTA—Banyaknya kasus nilai Ujian Nasional (UN) siswa yang tidak keluar alias mendapat nilai nol, mengundang reaksi Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh. Dia menilai, kasus seperti ini sangat merugikan siswa yang bersangkutan.

Karenanya, Nuh meminta kepada seluruh pemerintah kabupaten/kota untuk melakukan verifikasi terhadap seluruh nilai UN siswa.

“Kami sudah mendengar mengenai kasus nilai UN yang tidak keluar tersebut, sehingga nilai UN siswa nol. Nampaknya, hal ini disebabkan karena adanya data nilai siswa yang terselip saat proses pengiriman nilai dari sekolah ke dinas di kabupaten/kota,” ungkap Nuh di Jakarta, Rabu (18/5).

Dilakukannya verifikasi ulang ini, lanjut Nuh, lantaran pemerintah punya prinsip tidak ingin merugikan siswa pada pelaksanaan UN. Terlebih UN saat ini melibatkan pihak sekolah dengan memberikan bobot 40 persen di dalam nilai kelulusan siswa.

JAKARTA—Banyaknya kasus nilai Ujian Nasional (UN) siswa yang tidak keluar alias mendapat nilai nol, mengundang reaksi Menteri Pendidikan Nasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News