Minggu, 21 September 2014 | 13:09:31
Home / Nasional / Humaniora / Pembayaran Gaji ke-13 Tunggu PP

Kamis, 19 Mei 2011 , 22:00:00

BERITA TERKAIT

JAKARTA — Pegawai Negeri Sipil (PNS) rupanya masih harus bersabar untuk menikmati gaji 13. Pasalnya, pembayaran gaji tersebut belum bisa dilakukan karena Peraturan Pemerintah (PP) yang mendukung keluarnya petunjuk teknis (Juknis) pencairan belum ada.

Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan RI Herry Purnomo kepada JPNN di Jakarta, Kamis (19/5), mengatakan bahwa proses pencairan gaji ke-13 masih sama dengan pencairan tahun sebelumnya. “Sekarang ini sementara diproses di MenPAN dan BKN,” bebernya.

Purnomo melanjutkan, kemungkinan besar PP akan terbit pada pertengahan Juni. “Prosesnya tidak memakan waktu lama. Jadi, setelah PP diterbitkan akan turun Juknis (petunjuk teknis)  pencairan. Jadi, pencairan sekira Juni akhir atau Juli awal,” tukasnya.

Purnomo memastikan, pencairan gaji ke-13 sebelum tahun ajaran sekolah di mulai. “Gaji ke-13 kan bertujuan membantu PNS yang memiliki anak sekolah saat memasuki tahun ajaran baru. Jadi sangat mungkin gaji 13 cair sebelum mulai tahun ajaran,” katanya.

Dia menambahkan, sudah ada anggaran untuk gaji ke-13. “Anggaran sudah ada, tinggal tunggu tahapan PP dan Juknis saja,” tegasnya.

Saat disinggung mengenai rapel pensiunan, Purnomo mengatakan bahwa pencairan rapel seharusnya bersamaan dengan pencairan rapel gaji untuk PNS, yakni pada April lalu. “Pokoknya setiap ada kenaikan gaji, pensiunan juga dibayar,” katanya.

Purnomo juga menegaskan bahwa rapel pensiunan tetap akan dibayarkan. "Biasanya instruksi dari pusat setelah PP kenaikan gaji keluar, otomatis kami koordinasi dengan PT Taspen bahwa gaji mau dibayar, rapelnya harus disesuaikan. PT Taspen juga harus siap karena kami sudah koordinasikan,” tegasnya.

Bahkan, ditambahkan Purnomo, pembayaran rapel PNS dan juga pensiunan seharusnya dilakukan pada April lalu. “Silakan tanya ke Taspen. Karena biasanya bersamaan dengan repel gaji supaya tak ada gejolak,” tutupnya.(gel/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 18.06.2011,
        12:31
        arifudin
        Terima kasih, gaji 13 tetap dipertahankan samapai akhir jaman. moga cepat peraturan pemerintah selesai digodok bulan ini. lalu dibayar cepat gitu
      2. 10.06.2011,
        10:49
        UDIN
        kami berharap gaji ke 13 dimasukan dengan tunjangan beras
      3. 28.05.2011,
        10:30
        Nurlaila
        Tolong diusahakan secepatnya Gaji ke 13