Matematika dan Bahasa Indonesia Penyebab Gagal UN

Matematika dan Bahasa Indonesia Penyebab Gagal UN
Matematika dan Bahasa Indonesia Penyebab Gagal UN
JAKARTA--Mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia adalah dua mata pelajaran yang dianggap sebagai penyebab ketidaklulusan siswa dalam Ujian Nasional (UN) tahun 2011. Jumlah siswa yang gagal mengerjakan soal Matematika dan Bahasa Indonesia cukup tinggi, sehingga perolehan nilai UN mereka di bawah angka 5,5.

Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh menyebutkan, untuk mata pelajaran Matematika ada sebanyak 2.391 siswa atau sebanyak 51,44 persen yang nilai UN-nya kurang dari 5,5. Sedangkan untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, ada sebanyak 1.786 siswa atau sekitar 38,43 persen yang nilai UN-nya kurang dari 5,5.

Melihat persentase angka tersebut, mantan Menkominfo ini juga cukup heran. Karena justru mata pelajaran Bahasa Inggris hanya sekitar tiga persen dari jumlah total yang tidak lulus UN. Jumlah siswa yang tidak lulus UN di tahun 2011 ini disebutkan sebanyak 11.443 orang siswa. "Ya itu, saya juga tidak habis pikir  kenapa Bahasa Indonesia bisa kalah dengan Bahasa Inggris. Nanti kita cari tahu lagi. Minggu depan akan saya jelaskan lebih lengkap," ungkap Nuh di Jakarta, Jumat (20/5).

Menurutnya, tingginya angka ketidaklulusan pada nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia sangat ironis. Terlebih lagi di tengah gencarnya pemerintah menumbuhkan rasa nasionalisme sebagai langkah untuk menangkal gerakan radikalisme yang mulai menyusup di lembaga-lembaga pendidikan.

JAKARTA--Mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia adalah dua mata pelajaran yang dianggap sebagai penyebab ketidaklulusan siswa dalam Ujian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News