Industri Reksadana Syariah Stagnan

Industri Reksadana Syariah Stagnan
Industri Reksadana Syariah Stagnan
JAKARTA - Sepanjang empat bulan 2011 industri reksadana cukup bergairah. Tercatat kelolaan reksadana meningkat Rp 4,588 triliun. Itu menunjukkan masyarakat antusias dengan industri tersebut. Merujuk data Asosiasi Pengelola Reksadana Indonesia (APRI) per 30 April 2011, jumlah dana kelolaan reksadana nasional mencapai Rp 153,687 triliun. Angka itu mengalami lonjakan setidaknya sebesar Rp 4,588 triliun bila dibanding dana kelolaan pada pengujung 2010 dikisaran Rp 149,099 triliun.

"Perkembangan ini sebagai indikator dan sekaligus pencapaian yang cukup menggembirakan," ungkap Abiprayadi Riyanto, Ketua APRDI, di Jakarta.

 

Pertumbuhan itu, sebut Abi, hampir merata pada sejulah sektor. Baik itu reksadana saham, reksadana capuran maupun reksadana pasar uang. Hanya saja, pertumbuhan terbesar masih didominasi reksadana saham dengan peningkatan mencapai 15,85 persen. Artinya, selama empat bulan terakhir reksadana saham menanjak ke level Rp 52,937 triliun dibanding akhir 2010 di posisi Rp 45,695 triliun.

"Ya, pertumbuhan paling signifikan reksadana saham. Untuk yang tahan risiko lebih baik masuk reksadana saham. Sementara untuk yang cari aman masuk jalur deposito," tutur Abi.

JAKARTA - Sepanjang empat bulan 2011 industri reksadana cukup bergairah. Tercatat kelolaan reksadana meningkat Rp 4,588 triliun. Itu menunjukkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News