Kemdiknas-BRI Siapkan Beasiswa Rp 8 Miliar

Khusus Putra Daerah di Wilayah Indonesia Timur

Kemdiknas-BRI Siapkan Beasiswa Rp 8 Miliar
Kemdiknas-BRI Siapkan Beasiswa Rp 8 Miliar
JAKARTA- Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) menjalin kerjasama untuk memberikan beasiswa kepada mahasiswa asal daerah terpencil di wilayah Indonesia Timur. Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh mengatakan, di dalam kerjasama tersebut disediakan anggaran sebesar Rp 8 miliar.

“Bentuk kerjasama yang dimaksud di sini adalah adanya alokasi anggaran dari Kemdiknas kepada para mahasiswa berupa biaya pendidikan dan bantuan biaya non pendidikan berupa biaya hidup, biaya transport, asuransi pendidikan dan bantuan pengadaan laptop dari Bank BRI. Total bantuan beasiswa ini bernilai sekitar Rp8 miliar," ungkap Nuh ketika ditemui usai penandatangan MoU bersama Bank BRI di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Selasa (31/5).

Nuh juga menjelaskan calon penerima beasiswa merupakan penduduk asli yang berdomisili di provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Sulawesi Utara dan NTT serta yang sudah lulus ujian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nengeri (SNMPTN).

Dari beberapa kandidat penerima easiswa, lanjut Nuh, peserta yang telah lulus tes seleksi harus mau menjalani masa pendidikan di perguruan tinggi di Pulau Jawa. Adapun perguruan tinggi yang dimaksud, antara lain Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Jenderal Sudirman (Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga dan Universitas Sebelas Maret. 

JAKARTA- Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) menjalin kerjasama untuk memberikan beasiswa kepada mahasiswa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News