IPB Gelar Seleksi Jalur Talenta Mandiri

Untuk Menjaring Mahasiswa Pemilik Talenta Leadership dan Wirausaha

IPB Gelar Seleksi Jalur Talenta Mandiri
IPB Gelar Seleksi Jalur Talenta Mandiri
JAKARTA — Institut Pertanian Bogor (IPB) tak hanya menggelar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dalam rangka menjaring calon mahasiswa. Rektor IPB Herry Suhardiyanto menyatakan, pihaknya juga menggelar ujian talenta mandiri sebagai upaya untuk menggali potensi calon mahasiswa yang mempunyai talenta kepemimpinan dan kewirausahaan.

Menurut  Herry, kuota penerimaan mahasiswa dari jalur talenta mandiri itu mencapai 629 kursi atau 17 persen  dari 3.700 daya tampung mahasiswa baru. "Jalur ini bukan jalur untuk menggali dana karena biaya pendidikan yang dibayarkan sama dengan yang diterima melalui jalur SNMPTN," ujar Herry ketika ditemui usai inspeksi mendadak (sidak) ujian SNMPTN 2011 bersama Mendiknas di SMAN 82, Jakarta, Selasa (31/5).

Herry yang juga Ketua Panitia SNMPTN 2011 ini mengungkapkan, ada beberapa kekhasan perguruan tinggi negeri (PTN) untuk membuka jalur non-SNMPTN. Menurutnya, jalur ujian talenta mandiri ini mampu lebih menggali potensi-potensi calon mahasiswa yang memiliki talenta kepemimpinan dan kewirausahaan.

“Karena ini memang penting sekali. Dengan memasukkan sebagian di kalangan mahasiswa baru yang memiliki talenta kewirausahaan, maka diharapkan dalam komunitas mahasiswa baru itu ada yang pintar dan inovasinya bagus,” imbuhnya.

JAKARTA — Institut Pertanian Bogor (IPB) tak hanya menggelar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dalam rangka menjaring

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News