Selasa, 02 September 2014 | 04:10:17
Home / Pendidikan / Pendidikan / IPB Gelar Seleksi Jalur Talenta Mandiri

Selasa, 31 Mei 2011 , 19:49:00

BERITA TERKAIT

JAKARTA — Institut Pertanian Bogor (IPB) tak hanya menggelar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dalam rangka menjaring calon mahasiswa. Rektor IPB Herry Suhardiyanto menyatakan, pihaknya juga menggelar ujian talenta mandiri sebagai upaya untuk menggali potensi calon mahasiswa yang mempunyai talenta kepemimpinan dan kewirausahaan.

Menurut  Herry, kuota penerimaan mahasiswa dari jalur talenta mandiri itu mencapai 629 kursi atau 17 persen  dari 3.700 daya tampung mahasiswa baru. "Jalur ini bukan jalur untuk menggali dana karena biaya pendidikan yang dibayarkan sama dengan yang diterima melalui jalur SNMPTN," ujar Herry ketika ditemui usai inspeksi mendadak (sidak) ujian SNMPTN 2011 bersama Mendiknas di SMAN 82, Jakarta, Selasa (31/5).

Herry yang juga Ketua Panitia SNMPTN 2011 ini mengungkapkan, ada beberapa kekhasan perguruan tinggi negeri (PTN) untuk membuka jalur non-SNMPTN. Menurutnya, jalur ujian talenta mandiri ini mampu lebih menggali potensi-potensi calon mahasiswa yang memiliki talenta kepemimpinan dan kewirausahaan.

“Karena ini memang penting sekali. Dengan memasukkan sebagian di kalangan mahasiswa baru yang memiliki talenta kewirausahaan, maka diharapkan dalam komunitas mahasiswa baru itu ada yang pintar dan inovasinya bagus,” imbuhnya.

Ditambahkan, pembukaan jalur talenta mandiri ini juga didasari beberapa hal. Di antaranya pilihan-pilihan calon mahasiswa yang tidak sesuai sehingga mengakibatkan tidak diterima di jalur SNMPTN.

“Sebetulnya dia (calon mahasiswa) mempunyai kemampuan akademik yang bagus. Tetapi karena pilihannya tidak tepat sekali, maka dia tidak bisa mendapatkan program studi yang dia inginkan. Katakanlah pilihan prodi pertamanya harus bersaing ketat, pilihan kedua juga demikian, juga yang persaingannya ketat, kedua juga demikian. Jadi, menurut kami  mereka masih memiliki potensi yang sangat baik. Sehingga mereka ini akan kita alihkan kepada jalur talenta mandiriini,” paparnya.

Namun Herry juga menegaskan, jalur talenta mandiri IPU ini bukanlah suatu ruang universitas untuk menggali dana. Karenanya, lanjut Herry, kontribusi atau besaran SPP bagi calon mahasiswa yang lolos jalur talenta mandiri nantinya  tetap sama persis dengan mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN.

“Ini murni hanya ruang atau kesempatan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang tadinya tidak masuk melalui SNMPTN tetapi masih memiliki kemampuan akademik yang baik. Namun, proses penerimaannya mereka tetap harus melewati suatu penerimaan mahasiswa baru yang kita syaratkan,” tegasnya. (cha/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 04.06.2011,
        13:35
        ismi
        kapan di buka jalur mandiri ipb?
      2. 03.06.2011,
        18:54
        sui
        kapan dibuka jalur talenta mandiri
      3. 02.06.2011,
        06:34
        a nashr diapary
        kapan dibukanya jalur talenta mandiri ipb