Panitia Pusat Kumpulkan Informasi Joki

Panitia Pusat Kumpulkan Informasi Joki
Panitia Pusat Kumpulkan Informasi Joki
JAKARTA - Segala upaya dari panitia pusat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM PTN) 2011, belum bisa menghentikan sepak terjang para joki. Di beberapa panlok, muncul laporan joki SNM PTN. Panitia menghimbau, jika bisa dibuktikan mahasiswa yang jadi joki langsung dipecat.

Data sementara yang terkumpul di panitia pusat, laporan joki menyebar. Diantaranya di Makassar, Banda Aceh, Bandung, Bogor, dan Semarang. Rata-rata, laporan kasus perjokian muncul di hari kedua ujian tulis SNM PTN. Kasus yang muncul di Makassar, berujung pada pengeluaran 12 peserta ujian. Mereka diduga menggunakan jasa joki dengan media SMS. Joki yang menyebar SMS berhasil diamankan.

Joki di Makassar ini adalah mahasiswa universitas setempat dan sejatinya lulusan SMA 2006. Karena terbentur aturan, dia memalsukan ijazah menjadi lulusan 2011. Setelah itu, dengan bebas dia mengirim jawaban kepada pemesan yang sesuai dengan kode si Joki.

Sementara untuk laporan di Banda Aceh, terbongkar modus lawas. Yaitu, si joki langsung mengerjakan naskah milik pemesan. Modus ini terlalu mencolok. Sebab, foto yang tertera di meja tidak sama dengan foto di kartu ujian yang dibawa peserta. Foto yang di kartu peserta itu, sudah disesuaikan dengan foto si joki.

JAKARTA - Segala upaya dari panitia pusat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM PTN) 2011, belum bisa menghentikan sepak terjang para

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News