Kebijakan Harga BBM Sandera Target Inflasi

Kebijakan Harga BBM Sandera Target Inflasi
Kebijakan Harga BBM Sandera Target Inflasi
JAKARTA - Ketidakpastian waktu kenaikan harga BBM bersubsidi, membuat Bank Indonesia (BI) kesulitan menentukan target inflasi. Pencapaian target inflasi tahun ini juga bergantung dari kebijakan pemerintah dalam menentukan harga BBM.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution mengatakan, jika harga BBM tidak dinaikkan tahun ini, inflasi 2011 bisa berada di kisaran 5,2-5,3 persen. Jika kenaikan dilakukan tahun ini, inflasi sepanjang tahun bisa mencapai 6,3-6,4 persen. "Ini tergantung kapan (harga) BBM-nya akan diubah," kata Darmin dalam rapat kerja antara pemerintah dengan Badan Anggaran DPR di Jakarta kemarin.

Darmin mengatakan, dengan perkembangan harga minyak dunia saat ini, harga BBM bersubsidi, mustahil harga BBM bersubsidi tidak dinaikkan. "Tinggal kalau tidak tahun ini, ya tahun depan," kata Darmin. Ia mengatakan, jika harga BBM dinaikkan tahun ini, inflasi tahun depan bisa lebih terjaga di kisaran 5 persen.

Ia mengatakan, seharusnya pemerintah menaikkan harga BBM sekitar April lalu. Sebab, kala itu tengah terjadi deflasi akibat panen raya. "Sebetulnya kalau membicarakan mending, mending yang April kemarin, waktu kita lagi deflasi, lagi panen," kata Darmin.

JAKARTA - Ketidakpastian waktu kenaikan harga BBM bersubsidi, membuat Bank Indonesia (BI) kesulitan menentukan target inflasi. Pencapaian target

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News