Semua Kalangan Bingung Terapkan Pancasila

Semua Kalangan Bingung Terapkan Pancasila
Semua Kalangan Bingung Terapkan Pancasila
JAKARTA - Budayawan Radhar Panca Dahana menilai, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tidak punya ide untuk menerapkan arti Pancasila yang dinilai banyak kalangan bermasalah saat ini. Menurutnya, Pancasila sudah bermasalah sejak dilahirkannya. Radhar menilai, tidak hanya masyarakat yang bingung dengan makna Pancasila, perumusnya pun  bingung.

"Bukan pada masa reformasi saja, tetapi pada masa Soeharto juga terjadi masalah, jaman Soekarno pun Pacasila terjadi kesulitan. Bisa dikatakan, sejak Pancasila lahir, Soekarno bingung  menerapkan sila-sila yang dibuat sama teman-temannya itu sendiri," ujar Radhar dalam diskusi bertajuk Pancasila di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (4/6).

Presiden SBY sendiri, lanjutnya, selalu berbicara dalam tataran normatif ketika menyinggung soal Pancasila. "Jwabanya selalu normatif. Jawabannya gak ada, dia (Presiden SBY, red) gak punya ide," kata Radhar

Menurut Radhar, sebenarnya Pancasila itu tidak bisa dijadikan panduan hidup di negeri ini karena belum mampu dijabarkan menjadi pegangan bangsa Indonesia.

JAKARTA - Budayawan Radhar Panca Dahana menilai, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tidak punya ide untuk menerapkan arti Pancasila yang dinilai banyak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News