Peserta Tes Tertulis Isi Kursi Kosong Jalur Undangan

Peserta Tes Tertulis Isi Kursi Kosong Jalur Undangan
Peserta Tes Tertulis Isi Kursi Kosong Jalur Undangan
JAKARTA -- Sisa kuota atau sisa kursi jalur undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 sebanyak 10.561 kursi akan diisi oleh peserta yang lulus ujian tulis. Mekanisme ini sekaligus memberikan peluang lebih besar kepada peserta seleksi lewat ujian tertulis, untuk bisa mengenyam bangku PTN.

“Mengenai sisa kursi di jalur undangan, telah diputuskan bahwa nanti akan ditutupi dengan ujian tulis SNMPTN. Jadi misalnya jalur undangan itu kuotanya 100 dan yang mendaftar ulag hanya 50 orang, maka sisanya 50 kursi akan diisi dengan peserta yang lolos ujian ujian tulis,” ungkap Mendiknas M Nuh di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Selasa (7/6).

Nuh juga menjelaskan bahwa pemerintah bersama dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tetap berpegang pada ketentuan minimal 60 persen untuk jalur ujian tulis dan undangan secara nasional, 40 persen untuk jalur mandiri. Untuk jalur mandiri tersebut, lanjut Nuh, PTN juga diperbolehkan untuk membaginya ke dalam beberapa jenis tes.

“Misalnya, ada mandiri 1, mandiri 2, bahkan kalau mau membuat cara seleksi lain, dengan menggelar tes lagi juga boleh. Atau  mungkin (kuota mandiri) tidak mau dipakai dan diganti dengan menambah beasiswa Bidik Misi juga tidak apa-apa,” terangnya.

JAKARTA -- Sisa kuota atau sisa kursi jalur undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 sebanyak 10.561 kursi akan diisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News